Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Learn English Easy?

Babylon Pro 8 - a software translation and dictionary related to easily support 75 different languages around the world. With Babylon

 

 

headline

Indonesian Coast Guard Mantabkan Kedisiplinan Bagi Generasi Baru

Jakarta.Harianasional.com-Guna memantabkan nilai-nilai kedisiplinan bagi calon generasi baru, Bakamla (Indonesian Coast Guard)  melaksanakan latihan tata cara apel di Lapangan Taman Proklamasi, Menteng Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019).

Meski di bawah terik  matahari,  90 personel Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Angkatan ke-7, mengikuti materi pelajaran tata cara apel di bawah bimbingan pelatih Pelda Marinir (Purn) Sujatman dengan serius dan semangat.

Kegiatan apel dilingkungan Bakamla merupakan salah satu upaya untuk membentuk karakter kedispinan personel Indonesian Coast Guard sebagai anggota paramiliter dan komponen cadangan pertahanan negara di laut. Kegiatan apel bertujuan untuk mengecek kelengkapan, personel, menyampaikan instruksi dan perintah serta evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.

Pelatih Sujatman menyampaikan materi pelajaran mulai dari tahap persiapan, berkumpul, dan pelaksanaan apel. Dengan demikian diharapkan setiap calon personel Indonesian Coast Guard dapat memahami tata cara apel jika kelak masuk ke tahap pendidikan Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil).

Pada kegiatan hari ini,  sebelumya mantan pelatih Puslatdiksarmil Kodiklatal Surabaya itu juga telah menyampaikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada calon personel Indonesian Coast Guard berupa gerakan langkah devile serta pelajaran joged komando.(Humas/Irv).

 

 

Laksda S. Irawan, M.M.: Bakamla (Indonesian Coast Guard) Tempat Ibadah Kita

Jakarta. Harianasional.com-"Saat ini Mabes Bakamla (Headquarters Indonesian Coast Guard) inilah tempat ibadah kita, karena memang saat ini kita bekerja di tempat yang harus kita banggakan ini", ucap Sekretaris Utama (Sestama) Bakamla (Indonesian Coast Guard) saat menerima paparan  di  Ruang Podcast, Mabes Bakamla (Headquarters Indonesian Coast Guard),   Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi-56, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019).

Paparan disampaikan oleh para perwakilan dari empat Satker di jajaran Indonesian Coast Guard, yakni: dari Satker Hubungan Masyarakat  (Humas), Kantor Pengelolaan Informasi Marabahaya Laut (KPIML), Data dan Informasi (Datin), serta dari Staf Operasi dan Latihan.

Menurut Sestama, Indonesian Coast Guard hanya membutuhkan orang yang mau bekerja tulus ikhlas dan penuh semangat.

"Kita harus bangga, karena Presiden RI  Ir. H. Joko Widodo telah menandatangani Perpres Nomor 178 tahun 2014 tentang Badan Keamanan Laut", serunya.

Dalam pidato Presiden pada Hari Nusantara tahun 2015 di Kota Baru, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan kepada semua stakeholder keamanan laut untuk mendukung aset awal berupa kapal, pesawat patroli dan personel.

"Kobarkan semangat untuk mengabdi", pintanya dengan nada penuh semangat hingga benar-benar mampu membangkitkan semangat seluruh personel yang hadir.

Tepuk tangan pun tak jarang terjadi, karena disamping memberikan contoh semangat, Perwira tinggi berbintang dua tersebut tak segan-segan memberikan motivasi dan beberapa kali mengatakan bangga terhadap kemampuan para personelnya yang baru pulang melaksanakan tugas belajar di negara sahabat dan sudah mampu mengaplikasikan ilmunya demi kemajuan  Indonesian Coast Guard.

Hasil akhir paparan, mantan Aspam Kasal tersebut memberikan ucapan terima kasih yang disambut dengan tepuk tangan dari seluruh perwakilan dari 4 Satker tersebut.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Direktur Data dan Informasi Bakamla Laksma Bakamla Dwi Aris Priyono S.T.(Humas/Irv).

 

 

 
 

Bakamla (Indonesian Coast Guard) dan USCG Lakukan Pencarian dan Pertolongan Korban Di Laut

Batam. Harianasional.com-Latihan Bersama Small Boat Operation (SBO) II, personel Bakamla (Indonesian Coast Guard) dan US Coast Guard melaksanakan simulasi pencarian dan pertolongan atau Search and Rescue (SAR) korban kecelakaan kapal di sekitar perairan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, kemarin.

Operasi SAR bersama disimulasikan oleh tim gabungan Coast Guard ke-dua negara dengan melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban kapal yang mengalami musibah di laut sekitar perairan Batu Ampar. Dengan sarana dua unit Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB), ke-dua tim gabungan personel Bakamla (Indonesian Coast Guard) dan US Coast Guard menyisir lokasi sekitar tempat kejadian dan menemukan beberapa benda terapung dan korban masih hidup.

Selanjutnya kedua tim melakukan upaya pertolongan terhadap korban selamat dan menaikkan korban ke atas RHIB, kemudian dievakuasi menuju kapal patroli Bakamla (Indonesian Coast Guard) bernama KN Tanjung Datu-301, yang sedang lego jangkar tidak jauh dari perairan tersebut. Kegiatan ini merupakan salah satu materi Latma Small Boat Operation II yang diikuti personel Bakamla dan USCG. Sebelumnya tim gabungan juga melaksanakan latihan manuver kapal, lepas sandar, pengoperasian mesin dan kemudi serta pengetahuan alat keselamatan pada kapal.

Melalui latihan ini diharapkan personel Bakamla (Indonesian Coast Guard) mampu mengoptimalkan RHIB atau atau Sea Rider yang berada di kapal patroli Bakamla (Indonesian Coast Guard) sebagai alat utama dalam melaksanakan patroli kemanan dan keselamatan di laut. Hal ini perlu didukung oleh operator RHIB dengan kemampuan dan profesionalitas tinggi serta handal, dalam menjalankan tugas sesuai dengan peran masing-masing untuk mengoptimalkan penggunaan kapal kecil.(Humas/Irv).

 

 

 

 
 

Hari Pertama Kerja, Karoum Bakamla Tancap Gas

Jakarta. Harianasional.com-Pada hari pertama bekerja setelah beberapa menit sebelumnya dirinya dilantik menjadi Kepala Biro Umum Bakamla, Laksma Bakamla Amin Budi Cahyono, S.E., langsung tancap gas memimpin rapat dengan seluruh pejabat eselon lll dan lV di jajarannya, di Mabes Bakamla, Jl. Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).

Rapat yang baru berhenti setelah terdengar adzan magrib itu membahas rencana kerja tiap bagian maupun sub bagian di jajaran Biro Umum agar lebih terarah dan terukur.

Sebagai pejabat Karoum yang baru, dengan gayanya yang sersan (serius tapi santai) terkadang diselingi humor ringan itu, Pak Amin (panggilan akrabnya) meminta laporan singkat dari tiap bagian dan sub bagian dan selanjutnya diberikannya arahan demi arahan dalam rangka mendukung kebijakan pimpinan untuk kemajuan organisasi di masa mendatang.

Suasana kekompakan pun terjadi, forum tanya jawab secara bergiliran dimulai dari Bagian Kepegawaian, Humas dan Protokol, TU dan Rumga, dan terakhir Bagian Keuangan.(Humas/Irv).

 

 

 

 

 
 

Inilah Tugas Pokok Bakamla

Jakarta. Harianasional.com-"Bakamla memiliki tugas pokok melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan yurisdiksi Indonesia,” ucap Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R., mengutip perkataan Presiden RI Joko Widodo saat mendeklarasikan Bakamla di Kota Baru, 13 Desember 2015 silam.

Laksdya Taufiq mengatakan hal tersebut saat mengawali Jam Komandan dengan mengingatkan seluruh personel akan tugas esensial Bakamla, di Aula Markas Besar Bakamla, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).

“Telah dimulai era baru, efisien dengan komando tunggal yang didukung sistem peringatan dini dan Unit Penindakan Hukum”, lanjut Laksdya Taufiq mengutip amanat Presiden RI.

"Dengan perkataan Presiden tersebut, sudah tergambar dengan jelas bahwa Bakamla merupakan institusi operasional”, lanjutnya.

Laksdya Taufik melanjutkan dengan memaparkan tolak ukur keberhasilan keamanan laut, sesuai dengan Perpres No. 2/2015 tentang RPJMN 2015-2019 Teknokratik. Tak lupa, pimpinan tertinggi Bakamla ini juga melakukan komparasi dengan instansi coast guard yang telah terbentuk di negara lain. United States Coast Guard (USCG) misalnya, India Coast Guard, dan Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM).

Laksdya Taufiq kembali menekankan bahwa tugas Bakamla dalam mengemban fungsi coast guard terdiri dari tiga aspek, yaitu keamanan maritim, keselamatan maritim, dan pertahanan maritim.

Mengakhiri sesi arahannya, Laksdya Taufiq juga menjelaskan langkah yang harus ditempuh Bakamla di masa mendatang, untuk dapat mengikuti tren ancaman maritim yang terus berkembang, dan memenuhi tugas dan fungsinya sebagai Indonesian Coast Guard.

Beberapa saat sebelumnya, telah dilantik pula sejumlah pejabat tinggi Bakamla yang baru. Jabatan yang diemban antara lain Sekretaris Utama, Deputi Operasi dan Latihan, Kepala Biro Umum, dan Kepala Unit Penindakan Hukum.(Humas/Irv).

 

 

 

 

 

 

 

 
 

Page 1 of 215

 

 

 

 

 

Donasi untuk PALESTINA

 

 

Kesehatan

3 Steps to Reach Your Body

3 Steps to Reach Your Body

Jakarta.Harianasional.com-WRP dan Shopee Indonesia hari ini membuka rahasia mudahnya wanita Indonesia...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

vivo Perkenalkan S1, S-Series Perdana vivo di Indonesia

Jakarta.Harianasional.com-vivo secara resmi memperkenalkan vivo S1 sebagai varian produk pertama yang...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

Santunan Anak yatim dan Dhuafa dari 17 Desa/Kelurahan Lingkar Kampus dan Putra-Putri Pegawai IPB 1440 H

Santunan Anak yatim dan Dhuafa dari 17 Desa/Kelurahan Lingkar Kampus dan Putra-Putri Pegawai IPB 1440 H

Bogor.Harianasional.com-Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Ramadhan tahun ini kembali menggelar Santunan...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Kontrol Technology, Filosofi Hankook dalam Menghadirkan Ban Berkualitas

Jakarta.Harianasional.com-Ban adalah komponen penting dalam kendaraan yang berfungsi sebagai satu-satunya...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com