Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
Entertainment: CCM Siap Cetak Penyanyi Profesional Melalui City Mall Rising Star... - Saturday, 21 September 2019 09:28
pendidikan: Sambut HUT Ke-34 Dufan Gandeng Rumah Zakat Hadirkan 1500 Anak... - Saturday, 21 September 2019 09:26
Life and Style: Destinasi Terbaru Korea Selatan: Wisata Musim Dingin di Provinsi Gangwon... - Saturday, 21 September 2019 09:23
Ekobis: Trakindo Kenalkan Teknologi 'Cat MineStar System' - Wednesday, 18 September 2019 12:09
nusantara: Bakamla RI Menghadiri Senior Level Maritime Policy Workshop - Tuesday, 17 September 2019 14:01
nusantara: Kepala Bakamla RI Jadi Pembicara FGD Kemenpan RB - Tuesday, 17 September 2019 10:07
nusantara: Kepala Bakamla RI Menerima Courtesy Call JICA - Tuesday, 17 September 2019 00:39
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Learn English Easy?

Babylon Pro 8 - a software translation and dictionary related to easily support 75 different languages around the world. With Babylon

 

 

Moeldoko : Perlu Pengembangan Skill Dalam Hadapi Revolusi Industri 4.0

Jakarta.Harianasional.com-Sektor manufaktur nasional harus siap menuju perubahan besar dalam menghadapi revolusi industri keempat atau industry 4.0. Konsekuensinya, pendekatan dan kemampuan baru diperlukan untuk membangun sistem produksi yang inovatif dan berkelanjutan

Efek revolusi tersebut adalah meningkatnya efisiensi produksi karena menggunakan teknologi digital dan otomatisasi, serta perubahan komposisi lapangan kerja.

Artinya, akan ada kebutuhan tenaga kerja baru yang tumbuh pesat, sekaligus ada kebutuhan tenaga kerja lama tergantikan oleh mesin.

Oleh karenanya, dalam menghadapi situasi perkembangan Revolusi Industri 4.0, Rektor Unhan Letnan Jenderal TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A menekankan bahwa perkembangan ini sebagai suatu tantangan kedepan yang harus dihadapi oleh mahasiswa Unhan untuk dapat menjawab serta berkompetisi  dalam tantangan tersebut.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko menyikapi perkembangan Revolusi Industri 4.0 saat ini, Indonesia, kata Dia, perlu mengembangkan kemampuan Skill yang dibutuhkan dalam menghadapi revolusi Industri 4.0 yaitu, perlunya kemampuan problem solving yang semakin komples, berfikir pada situasi-situasi yang bersifat resiko atau kritis (critical thinking), creative and innovation.

"Tentunya hal ini berkaitan dengan strategic pertahanan dimana bidang pertahanan tidak lepas dari pengaruh aspek-aspek lain, seperti bidang Industri, Ekonomi, Perdagangan serta yang lainnya," ungkap mantan Panglima TNI saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Unhan dengan tema “Pembangunan Infrastruktur  di Daerah Perbatasan Melalui Pendekatan Keamanan (Security) dan Peningkatan Kesejahteraan (Prosperity)”, di gedung Auditorium Unhan, Kampus Bela Negara Universitas Pertahanan (Unhan) di Kawasan IPSC Sentul, Senin (25/6).

Moeldoko sangat berharap civitas akademika Unhan dapat mewarnai lingkungan dalam kehidupan terutama dalam dunia kerja untuk tidak berfikir bersifat sektoral saja namun lebih dikembangkan pola berfikir secara komprehensif.

"Sehingga diharapkan juga civitas akademika Unhan dapat mengembangkan polapikir yang kreatif dan Innovatif tentang kebijakan sehingga mampu memberikan inovasi kebijakan sosial dibidang publik," imbuhnya.

Kemudian, mantan Wakil Gubernur Lemhanas ini juga meminta Mahasiswa Unhan menyikapi perkembangan lingkungan strategis global hendaknya tidak berfikiran linier, namun pola pemikiran lebih dikembangkan secara berlompatan dengan mengutamakan kecepatan. "Karena di setiap individu pastinya memiliki kontribusi, baik berupa pemikiran maupun tindakan kepada negara," ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Staf Kepresidenan RI  menggambarkan tentang Pengaruh financial global yang memiliki dampak dalam 15 tahun ke depan terhadap kehidupan masyarakat seperti masyarakat berhenti dari pembelian kendaraan dan beralih kepada tranportasi masal. "Nantinya masyarakat akan cenderung menyewa property tidak membeli, biaya komunikasi gratis, produksi mobil dari baja daur ulang sehingga hutang industri baja tidak akan bisa dibayar, adanya mobil listrik berdampak kepada mematikan mobil BBM. Dan robot akan menggantikan manusia pada banyak sektor industri serta  Bank tidak lagi berarti sebuah tempat, tetapi lebih kepada sebuah konsep," pungkasnya.

Mengakhiri kuliah umumnya Kepala Staf Kepresidenan RI menyampaikan kutipan kata dari Presiden RI, satukata yang menjadikan wajah baru dunia adalah “Kecepatan”, untuk menghadapi perkembangan lingkungan strategis global, dalam membangun bangsa hal yang utama adalah dengan membangun mental dan karakter bangsa yang kuat.(SR)

 

 

 

 

 

Donasi untuk PALESTINA

 

 

Kesehatan

Warga Senior Living Sentul Sambut World Alzheimer's Month 2019 dengan Mengikuti Fun Walk

Warga Senior Living Sentul Sambut World Alzheimer's Month 2019 dengan Mengikuti Fun Walk

Setul.Harianasional.com-Dalam rangka memperingati bulan Alzheimer dunia, komunitas ALZI Chapter Bogor...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

vivo Indonesia Resmikan Store Terbaru Di Central Park

Jakarta. Harianasional.com-Memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan nyaman bagi konsumen,...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

Sambut HUT Ke-34 Dufan Gandeng Rumah Zakat Hadirkan 1500 Anak Yatim

Sambut HUT Ke-34 Dufan Gandeng Rumah Zakat Hadirkan 1500 Anak Yatim

Jakarta. Harianasional.com-Dalam suasana Muhamaram dan rangkaian syukuran ulang tahun ke-34, Dunia Fantasi...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Kontrol Technology, Filosofi Hankook dalam Menghadirkan Ban Berkualitas

Jakarta.Harianasional.com-Ban adalah komponen penting dalam kendaraan yang berfungsi sebagai satu-satunya...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com