Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
nusantara

Kepala Kamla Zona Timur Bertemu Dirpolair Maluku Untuk Pertajam Sinergitas

Ambon. Harianasional.com-Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono, S. Sos., M. Si(Han) melaksanakan pertemuan dengan Direktur Polair Polda Maluku Kombes Pol Harun Rosyid, S. I. K, di Kantor Polair Polda Maluku, Jl. Rijali Sirimau, Kota Ambon, Kamis (2/1/2020).

Pertemuan ini merupakan salah satu tugas Bakamla RI yang diamanatkan dalam UU No. 32 Tahun 2014 tentang Kelautan, dijelaskan bahwa tugas Bakamla RI salah satunya adalah mensinergikan penegakan hukum di laut.

Laksma Sumaryono mengatakan, kewaspadaan akan modus kejahatan dan pelanggaran di perairan Maluku ini menjadi perhatian kita bersama. Sehingga upaya penanganannya tidak dapat dilaksanakan secara sendiri, perlu sinergi antar penegak hukum di laut khususnya dengan Polair.

“Jadi melalui tukar menukar informasi upaya penegakan hukum di wilayah Maluku dapat berjalan secara efektif dan sudah bukan waktunya lagi kita mengatakan bekerja untuk visi misi instansi kita tetapi kita harus sadar kita bekerja untuk negara Indonesia,” kata Laksma Sumaryono.

Hasil pertemuan tersebut disepakati bahwa Bakamla RI dan Polair akan melaksankan patroli keamanan laut bersama di pulau-pulau kecil wilayah Maluku. Saat ini Zona Maritim Timur mendapatkan tambahan kekuatan dengan hadirnya 2 RHIB yang memungkinkan untuk melaksanakan patroli keamanan laut di pulau-pulau kecil,” ungkap Laksma Sumaryono.

Turut mendampingi Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur yaitu Kasubbid Informasi Zona Maritim Timur Letkol Bakamla Abdullah Leurima, S. Pi., dan Kasubbid Patroli Keamanan Laut Mayor Bakamla David Ferdinandus.(Humas/Irv).

 

Korem 061/Suryakencana Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam

Bogor.Harianasioanl.com-Kabupaten Bogor merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana alam, hal tersebut dikatakan Komando Resort Militer 061/Suryakencana, Brigadir Jendral (Brigjen) Novi Helmy Prasetya saat Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Kodim 0621/Kabupaten Bogor tahun 2019 di Lapangan Tegar Beriman, Kamis (26/12/2019).

“Kabupaten Bogor merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana alam, hal itupun membuat masyarakat dituntut untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana, sekarang ini juga kan tahun-tahun mengalami perubahan alam, tidak terlepas dari bencana, kemungkinan bisa terjadi, kita berdoa mudah-mudahan Allah SWT melindungi khususnya wilayah Kabupaten Bogor,” kata Helmy.

Ia pun menambahkan, simulasi ini merupakan bentuk kewaspadaan bencana di wilayah Korem 061/Suryakencana, mulai dari Kota atau Kabupaten Bogor, Kota atau Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. “Paling tidak kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana, yaitu protap-protap sudah ada, BPBD yang ada di daerah atau di wilayah yang diketuai oleh bupati atau walikota, sehingga bisa bersinergi dengan TNI dan Polri terkait bencana ini,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan kemanusiaan ini. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor saya ucapkan terima kasih atas peran dari bapa ibu semua untuk urusan kemanusiaan seperti ini, belajar dari waktu kewaktu, wilayah Kabupaten Bogor rawan bencana apalagi ketika masuk musim penghujan seperti ini, jadi saya sangat berterima kasih atas bantuan dari para relawan yang ikhlas bekerja untuk membantu masyarakat Kabupaten Bogor,” ujar Iwan.(Agus/Irv).

 

Tren Public Relations di Indonesia 2020: Dominasi Pemanfaatan Teknologi Analisis Data

Jakarta. Harianasional.com-Praktik Kehumasan atau Public Relations (PR) di Indonesia pada tahun 2020 diproyeksikan akan semakin intensif memanfaatkan teknologi pengelolaan dan analisis data sebagai basis untuk merumuskan strategi yang lebih cerdas, membangun kampanye yang lebih fokus, menyasar kelompok publik secara lebih tepat, dan melalui cara-cara yang lebih kreatif.

Tren yang berlaku saat ini sebenarnya telah mengarah ke skenario kerja yang mencakup cara-cara lintas digital. USC Annenberg Center for Public Relations melalui 2019 Global Communications Report menyebutkan bahwa ke depannya, teknologi diprediksi akan digunakan lebih banyak oleh Humas untuk melakukan social listening, analisa kinerja website dan manajemen media sosial.

“Pelibatan Artificial Intelligence (AI) dalam pekerjaan komunikasi dan pemasaran di seluruh dunia semakin marak setahun belakangan ini. Indonesia diprediksi akan semakin piawai menggunakan potensi AI tersebut untuk menjalankan intelijen bisnis dan pasar, melakukan diseminasi informasi, serta merencanakan marketing PR,” jelas Jojo S. Nugroho, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI).

Konsekuensi dari hal tersebut adalah semakin terintegrasinya pekerjaan Humas dengan pekerjaan pemasaran dan penjualan, untuk menjawab tantangan di dua tataran sekaligus; korporasi dan pasar konsumen. Ia meyakini intelijen bisnis yang lebih matang akan membantu perusahaan atau organisasi untuk menempatkan dirinya dengan lebih baik di tengah dinamika isu sosial.

“Praktisi Humas harus mengembangkan kemampuan menerjemahkan data menjadi strategi dan aksi. Dengan menggunakan AI, Humas dapat memberi masukan terhadap kebijakan, membantu keputusan-keputusan penting yang perlu diambil perusahaan, dan mendorong perubahan perilaku secara lebih tepat. Hal ini melampaui pembentukan kesadaran dan preferensi yang umumnya menjadi ranah Humas selama ini,” jelasnya.

Meski teknologi data digital semakin dibutuhkan, keahlian dan keterampilan dasar kerja Humas dalam hal hubungan antar manusia tetap tidak dapat ditinggalkan. “Alat-alat kerja terus berkembang dan menjadikan pekerjaan Humas semakin efektif dan efisien. Namun demikian, kecerdasan dan kebijaksanaan seorang praktisi Humas tidaklah tergantikan oleh teknologi. Humas adalah salah satu profesi paling dinamis dan seni kehumasan tetaplah harus dipertahankan,” tegasnya.

Jojo juga menegaskan bahwa 2020 merupakan tahun bagi kolaborasi yang lebih erat, “Setiap agensi menawarkan sesuatu yang berbeda, tetapi hampir mustahil bagi satu agensi untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal. Agensi Humas dapat saling mengisi dan mendukung satu sama lain sesuai dengan keahlian bidang masing-masing demi mencapai tujuan klien.” APPRI juga memprediksikan agensi yang berskala boutique akan semakin diminati karena sifatnya yang fleksibel, adaptif, kreatif, komunikatif dan kompetitif, serta berkualitas dalam merespon kebutuhan klien.

 
 

TNI AL Dukung Timor Leste Untuk Miliki Kantor Hidrografi

Jakarta.Harianasional.com-TNI Angkatan Laut dalam hal ini diwakili Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) akan mendukung dan membantu Republica Democratic de Timor-Leste (RDTL) untuk dapat memiliki kantor Hidrografi guna menjamin keselamatan navigasi dan pelayaran di wilayah perairan RDTL.

Hal tersebut disampaikan Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H saat berkunjung ke Kantor Komponen Angkatan Laut Timor Leste dalam rangkaian kegiatan Satuan Tugas (Satgas) Port Visit Indonesia Maritim Envoy (IME) 19.B le Dilli, baru-baru ini.

Dalam rangkaian kunjungan tersebut, Kapushidrosal beserta Komandan Satgas dan Komandan unsur Satgas IME 19.B melaksanakan Courtesy Call dan diterima oleh pimpinan Komponen Angkatan Laut Timor Leste Capitao de fragata Joao Da Silva.

Menurutnya, saat ini Pushidrosal memiliki Peran yang cukup Strategis baik di IHO sebagai Anggota Dewan/Council serta Di regional sebagai Vice chairman EAHC dan pada tahun 2021 akan menjadi Chairman EAHC, sehingga Pushidrosal memiliki posisi yang cukup baik dalam membantu RDTL untuk menjadi anggota baik IHO maupun sebagai anggota regional EAHC.

“Pelabuhan Dili belum mempunyai Peta Laut maupun ENC yang diproduksi oleh pemerintah Timor Leste, peta laut yang ada merupakan peta laut lama yang dibuat oleh pemerintah Indonesia saat masih bergabung dengan Indonesia dan dari hasil bantuan Australia namun tidak pernah dilakukan pemutakhiran data” kata Kapushidrosal.

Pada kesempatan itu,  Kapushidrosal yang juga merupakan Chief Hydrographer Indonesia tersebut menekankan pentingnya suatu negara Pantai untuk membangun suatu Kantor hidrografi demi  menjamin tersedianya peta Laut bagi keselamatan bernavigasi, sehingga memberikan keyakinan kepada Kapal barang maupun Cruise ship untuk memasuki pelabuhan-pelabuhan yanga ada di RDTL sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi baik dari segi ekspor, impor maupun pariwisata serta membuka lapangan pekerjaan seluas luasnya terutama bidang Injasmar

“Selain itu,  keuntungan menjadi Anggota IHO maupun EAHC seperti memperoleh kesempatan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di bidang survei dan pemetaan hidro-oseanografi melalui IHO Capacity Building  maupun kerjasama-kerjasama yang dapat dilakukan oleh Negara-negara anggota IHO khususnya Negara-negara anggota EAHC”. pungkas  Kapushidrosal.

Dalam kesempatan yang baik tersebut dengan didampingi Kepala Dinas Pendidilan TNI AL, Kapushidrosal juga menyampaikan tawaran kepada Komponen AL Timor Leste untuk mengirimkan Perwiranya untuk mengikuti pendidikan setingkat Seskoal dan Pusdikhidros yang selama ini juga telah diikuti oleh Angkatan Laut Negara Tetangga dan meningkatkan hubungan antara kedua Angkatan Laut dalam wadah Navy To Navy Talk (NTNT)

 

Bakamla RI Jalin Kerja Sama Bersama Delapan K/L

Jakarta.Harianasional.com-Badan Keamanan Laut RI ( Bakamla RI ) melakukan penandatanganan kesepakatan bersama terkait “Pertukaran Data dan Informasi dalam Rangka Penegakan Hukum di Laut” bersama delapan Kementerian/Lembaga, di Ruang Rapat Lt. 4 Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jl. M.H. Thamrin No.8 Jakarta Pusat, kemarin.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama tersebut ditandatangani oleh Deputi Informasi Hukum dan Kerjasama (Inhuker) Laksda Bakamla Dade Ruskandar, S.H.,M.H., sebagai perwakilan dari Bakamla RI dengan masing-masing perwakilan dari Bea Cukai, Perhubungan Laut, KKP, BNPP (Basarnas), LAPAN dan Baharkam Polri.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Dr. Purbaya Yudhi Sadewa, Ph.D., dalam sambutannya mengatakan masih banyak dari kalangan yang mengatakan terdapat banyak peraturan Perundang-undangan yang tumpang tindih dan banyak lembaga yang mempunyai tugas dan fungsi yang beririsan dan banyak lembaga yang melakukan penegakan hukum di laut yang akhirnya menghambat usaha di dunia pelayaran dan distribusi logistik nasional melalui laut.

Purbaya menambahkan, Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritman dan Investasi, Menteri Perhubungan dan beberapa Menteri lain sering menyebut perlu adanya satu Omnibus Law yang dapat menggabungkan semua Undang-undang dan peraturan yang terkait satu sama lain dalam satu Undang-undang Pokok.

"Menyadari keadaan dan kesulitan antara para penegak hukum di Laut yang sering mengalami kesulitan mendapatkan atau membagi Data dan Informasi dari dan kepada penegak hukum lain, maka lahirlah ide perlu adanya suatu kesepakatan bersama delapan Kementerian/Lembaga untuk membagi Data dan Informasi dalam rangka Penegakan Hukum di Laut," kata Purbaya.

Purbaya berharap Kesepakatan Bersama ini dapat menciptakan sinergi yang menghasilkan kerja penegakkan hukum di laut yang lebih cepat dan akurat tanpa menghilangkan kewenangan K/L yang terkait. Masing-masing K/L dapat melakukan tindak lanjut dalam implementasinya mulai dari pembagian data dan informasi, pengolahan, pendistribusian, dan melakukan monitoring dan evaluasi.

Turut hadir mendampingi Deputi Inhuker yaitu Direktur Data dan Informasi Laksma Bakamla Dwi Aris Priono, Kasubdit Kerjasama dalam Negeri Kolonel Bakamla Eli Susiyanti, SH.,M.H.,M.M dan Kasi Kerjasama Lembaga Pemerintah Mayor Bakamla Ahmad Firdaus, S.IP.,M.Si

 
 

Page 1 of 353

Donasi untuk PALESTINA

 

 

Kesehatan

Warga Senior Living Sentul Sambut World Alzheimer's Month 2019 dengan Mengikuti Fun Walk

Warga Senior Living Sentul Sambut World Alzheimer's Month 2019 dengan Mengikuti Fun Walk

Setul.Harianasional.com-Dalam rangka memperingati bulan Alzheimer dunia, komunitas ALZI Chapter Bogor...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

vivo Segera Hadirkan Varian Baru vivo S1 Pro

Jakarta. Harianasional.com-Mengawali tahun 2020 ini, vivo mengonfirmasi kehadiran varian warna terbaru...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

Prof. Dr. H Sumaryoto : Lulusan Unindra Tidak Perlu Takut dengan Revolusi Industri 4.0

Prof. Dr. H Sumaryoto : Lulusan Unindra Tidak Perlu Takut dengan Revolusi Industri 4.0

Jakarta.Harianasional.com- Revolusi Indstri 4.0 saat ini sangat trend dan menjadi pembicaraan dimana-mana...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Kontrol Technology, Filosofi Hankook dalam Menghadirkan Ban Berkualitas

Jakarta.Harianasional.com-Ban adalah komponen penting dalam kendaraan yang berfungsi sebagai satu-satunya...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com