Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • HOT NEWS
nusantara: Kepala Bakamla Terima Audiensi DPP Geomaritim - Friday, 24 May 2019 17:13
nusantara: Bekraf Gandeng 25 Pemda dan 3 Asosiasi Kembangkan Ekraf - Friday, 24 May 2019 16:56
nusantara: Bakamla - Australia Border Force Gelar Latma - Thursday, 23 May 2019 17:33
Ekobis: Luminor Hotel Gandeng MNCtv Berbagi Bersama Anak Yatim - Thursday, 23 May 2019 03:25
nusantara: 120 Personel Bakamla Dapatkan Kenaikan Pangkat Berkala - Wednesday, 22 May 2019 09:33
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
nusantara

Kepala Bakamla Terima Audiensi DPP Geomaritim

Jakarta. Harianasional.com-Sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia yaitu negara maritim yang maju, berdaulat, mandiri, kuat serta mampu memberikan kontribusi bagi keamanan dan perdamaian kawasan, Bakamla menerima kunjungan dari Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Poros Maritim Indonesia (DPP Geomaritim) di Markas Besar Bakamla, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019).

Kehadiran Ketua DPP Geomaritim H.Wahya dan Nurwati Ningsih beserta Wasekjen DPP Geomaritim Sarwini disambut hangat oleh Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R.

Maksud kedatangan DPP Geomaritim ini adalah selain sebagai perkenalan LSM yang secara sukarela memberikan pelayanan kepada masyarakat maritim juga membahas rencana kerja sama antara Bakamla dan Geomaritim. Hal ini dirasakan perlu karena sama-sama memiliki misi memperjuangkan, mewujudkan sumber daya kemaritiman dan kelautan secara optimal berkelanjutan.

Mengawali pertemuan itu, Ka Bakamla menjelaskan bahwa sudah jelas perintah Presiden agar mengembangkan Bakamla untuk mengemban fungsi sebagai Indonesia Coast Guard yang sesuai dengan ciri khas Indonesia. Fungsi Coast secara universal itu adalah penjaga keamanan laut (maritime security), penjaga keselamatan laut (maritime safety) dan pertahanan (maritime defence). Apabila negara dalam keadaan perang, Bakamla akan hadir sebagai komponen cadangan pertahanan dibawah AL karena apabila sudah perang semua daya dikerahkan. Oleh karena itu didalam membangun kekuatan Bakamla diperlukan ketiga hal tersebut.

"Bakamla baru berdiri empat tahun jadi antara kapasitas dan kapabilitas masih jauh, baru enam bulan ini kita arahkan dengan benar dan tentunya membesarkan Bakamla kita tidak dapat bergerak sendiri, hadirnya Geomaritim hari ini untuk bersilaturahmi tentu kita buka kerja sama apa yang bisa kita kerjakan," lanjut Laksdya Taufiq.

Ketua DPP Geomaritim H.Wahya mengucapkan terima kasih sudah disambut baik di tengah kesibukan Kepala Bakamla dalam kegiatannya. Dalam kesempatan yang baik itu pula ketua DPP Geomaritim mengatakan bahwa Geomaritim adalah ormas yang memberikan pelayanan kepada masyarakat tentang kemaritiman, kita ingin mendorong Indonesia menjadi poros maritim dunia. Kami melihat bahwa kalau bicara masalah laut memang yang bapak jelaskan tadi sebenarnya perairan laut kita itu lebih daripada daratan, seharusnya kita ini seperti zaman dahulu kala dimana nenek moyang kita adalah seorang pelaut.

Seiring dengan waktu beberapa dekade kita ketahui laut hampir tidak tersentuh, bahkan ada kesan bahwa laut di kebelakangkan . Inilah menjadi dasar Geomaritim bergerak untuk mengembalikan pola pikir orang Indonesia supaya mengedepankan laut itu menjadi wajah Indonesia. Akibat laut dibelakangkan ini maka banyak hal-hal yang merugikan negara kita. Oleh karena itu, Geomaritim sudah membentuk kantor wilayah di 15 provinsi. "Melihat struktur kami dari pusat sampai daerah sudah terbentuk, maka kami memiliki potensi untuk melakukan kerja sama dengan Bakamla bagaimana kita memperdayakan masyarakat pesisir menjadi garda terdepan untuk menjaga kedaulatan Indonesia ini karena mereka inilah yang berinteraksi langsung dengan pihak luar," ujar Wahya.

Dalam pertemuan ini Kepala Bakamla didampingi oleh Plt.Sestama Laksamana Pertama Bakamla Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., Kasubbag TU Kepala Letkol Bakamla Ridwansyah, S.E., dan Staf Administrasi Kepala Bakamla Mayor Bakamla Lisa.(Humas/Irv)

 

 

Bekraf Gandeng 25 Pemda dan 3 Asosiasi Kembangkan Ekraf

Jakarta. Harianasional.com-Badan   Ekonomi   Krea%f   (Bekraf)   mengadakan   penanda tanganan memorandum of   understanding  (MoU) dengan 25   pemerintah   daerah  (pemda)   dan   %gaasosiasi pada Jumat (24/5/2019). Kerja sama  ini bertujuan untuk mendorong penguatanekosistem ekonomi krea%f (ekraf) nasional.Sebanyak 25 pemda tersebut terdiri atas 4 provinsi, 11 kota, dan 10 kabupaten. Sedangkan%ga aososiasi yang akan bekerja sama dengan Bekraf adalah Ikatan Pecinta Ba%k Nusantara(IPBN), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), dan Asosiasi Komik Indonesia (Aksi).

Kepala   Bekraf,   Triawan   Munaf,   menyampaikan   pemerintah   memiliki   peran   sebagai regulator,   fasilitator,   dan   akselerator   dalam   pengembangan   ekraf.   Pen%ngnya   peran pemerintah membuat Bekraf menggandeng pemda sebagai kepanjangan tangan, mengingat Bekraf belum memiliki perwakilan di daerah.

“Dalam menjalankan tugas, Bekraf menerapkan kolaborasi pentahelix, yakni pemerintah,akademisi, asosiasi, komunitas, dan media. Oleh karena itu, kerja sama ini sangat pen%ng.Tak hanya menggandeng pemda tapi juga asosiasi sebagai penggerak pertumbuhan ekraf.

Diharapkan   dengan   kerja   sama   ini,   ekosistem   ekraf   nasional   makin   kuat   sehingga sumbangan   terhadap   PDB   meningkat   dan   membuka   peluang   kerja   yang   lebih   besar,”ungkap   Triawan   di Jakarta, Jumat (24/05/19).

Deputi  Hubungan   Antar lembaga   dan   Wilayah   Bekraf,   Endah   Wahyu   Sulistianti,menyampaikan saat ini sudah bekerja sama dengan 66 pemda dan 50 asosiasi/komunitas.Biasanya penandatanganan  MoU  dilakukan   di  masing-masing   daerah.   Namun   mengingat banyaknya permohonan kerja sama dari pemda, pola pelaksanaan penandatanganan MoU diubah menjadi dilakukan serentak di Jakarta.

“Banyaknya   permohonan   MoU   ini   menunjukkan   tingginya   komitmen   pemda   untuk mengembangkan   ekraf   di   daerah   masing-masing.   Oleh   karena   itu,   Bekraf   sangat menyambut positif dan berupaya mengakomodir kebutuhan daerah,” ujar Endah.

Komitmen pemda juga ditunjukkan dengan mengirim perwakilan ke Kantor Bekraf untuk melakukan audiensi guna menyampaikan keseriusan dan menjelaskan potensi ekraf yang dimiliki.   Setelah   penandatanganan   MoU   ini,   Bekraf   melalui   enam   kedepu%an   akan melaksanakan kegiatan untuk mendukung pengembangan ekraf di daerah. Selain itu, pemda dan asosiasi juga bisa mengajukan permohonan kerja sama yang disampaikan melalui Satu Pintu Bekraf.

 

Komunitas Dai Lapas Nasional Salurkan Bantuan Makanan & Minuman ke LP Rutan Salemba

Jakarta. Harianasional.com-Komunitas Dai Lapas Nasional menyalurkan bantuan untuk berbuka puasa Bersama dengan warga binaan pemasyarakatan rutan kelas 1, Salemba, Jakarta Pusat.

Adapun bantuan yang diberikan berupa makanan dan minuman diantaranya air mineral, makanan ringan, biskuit dan makanan ringan lainya.

Bantuan secara langsung di serahkan oleh Ali mansur bersama tim pada sabtu 11 Mei 2019. Ali sendiri saat ini memang aktif di lembaga tersebut dan sering berinteraksi dengan tahanan dan warga binaan pemasyarakatan. Selain itu Ali Mansur juga aktif di lembaga kemanusiaan Wahana Muda Indonesia (WMI).

Bantuan bahan makanan dan minuman tersebut diterima langsung oleh pihak rutan kelas 1 Jakarta Pusat, Mewakili Kepala Kepala Rutan yaitu Kepala Pengamanan Rutan Bpk. Hariyanto Syafrie.Amd.IP, S.Sos dan Kasubsie BHPT. Bpk.Suriyanta Leonardo Situmorang Amd.IP, SH.

Dengan bantuan ini diharapkan dapat membantu para tahanan dan narapidana untuk lebih bersemangat dalam menjalani ibadah puasanya dengan segala keterbatasan yang ada di lapas.

Dai Lapas Nasional adalah sendiri merupakan Komunitas Para Dai yang  mengajar dan berdakwah di rumah tahananan, lembaga pemasyarakatan, sekaligus bergerak dalam pembinaan pendidukan agama Islam.(Agus/Irv)

 

 
 

PAHAM Kutuk Atas Jatuhnya Korban Cidera dan Meninggal Pada Unras 21-22 Mei 2019

Jakarta.Harianasional.com-Pusat Advokasi Hukum dan HAM (PAHAM) Indonesia dengan berbagai fakta yang terjadi diantaranya:

1.  Terjadinya berbagai unjuk rasa di berbagai wilayah Republik Indonesia sebagai respon atas ketidakpuasan hasil Pilpres yang diumumkan pada tanggal 21 Mei 2019 pukul 01.46 WIB

2.  Jatuhnya korban masyarakat sipil dalam berunjuk rasa tersebut

3.  Pemerintah yang cenderung pasif dan terkesan hanya mengambinghitamkan pengunjuk rasa

4.  Melihat adanya korban jiwa, seakan menjadi efek samping dalam merealisasikan instruksi "tindak tegas" yang disampaikan Presiden Joko Widodo melalui siaran pers di media

Berdasarkan fakta fakta yang ada dan dengan berbagai pertimbangan, kami dari

PAHAM Indonesia beserta 25 Kantor Daerah, dengan ini menyatakan bahwa:

1.  Mengutuk tindakan yang menimbulkan korban luka-luka sampai pada korban jiwa.

2.  Meminta pemerintah bertindak tegas terhadap pihak-pihak yang menyebabkan atau menimbulkan korban jiwa pada aksi unjuk rasa.

3.  Pemerintah harus memerintahkan aparat kepolisian agar melakukan tindakan hukum sesuai prosedur yang ada dan tidak main hakim sendiri.

4.  Aparat Kepolisian dengan fungsi pengayoman yang dimiliki harus menjadikan upaya persuasif sebagai pilihan utama.

5.  Aksi ujuk rasa merupakan salah satu bentuk hak konstitusional mengemukakan pendapat yang dijamin oleh UUD 1945.

6.  Tidak menggeneralisir segala bentuk tindakan unjuk rasa sebagai perbuatan kriminal yang perlu diambil tindakan penegakan hukum.

7.  Melakukan tindakan secara patut dan layak terhadap masyarakat sipil yang menjadi korban dalam aksi unjuk rasa tersebut.

8.  Meminta Presiden memerintahkan Kapolri agar mengevaluasi prosedur pengamanan aksi unjuk rasa dalam tatacara penanganan maupun peralatan yang digunakan.

9.  Mendesak KOMNAS HAM agar mendorong dibentuknya Tim Pencari Fakta atas banyaknya korban sipil yang meninggal dan  terluka, serta memberikan rekomendasi agar pelaku dapat di kenakan sanksisesuai dengan ketentuan hukum.

10.  Meminta kepada semua pihak terutama tokoh masyarakat dan pimpinan lembaga negara agar bijak dalam memberikan pendapat terhadap kondisi yang terjadi, baik pendapat di pertemuan tatap muka, konfrensi press, maupun pernyataan di media sosial.

11.  Menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk bijak dalam berpendapat di media sosial dan selektif dalam melakukan penyebaran konten.

12.  Siap memberikan pendampingan terhadap masyarakat sipil yang memerlukan bantuan hukum untuk mempertahankan hak hukumnya.

Segala bentuk aksi, atau tindakan yang dilakukan oleh pemerintah dan rakyatnya harus mempertimbangkan segala aturan-aturan hukum yang berlaku di Indonesia. Kembali kepada Pasal 1 ayat (3) UUD 1945 yang menyatakan bahwa Indonesia adalah Negara Hukum. Negara Hukum adalah Negara yang menghormati dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia. Dengan demikian, segala tindakan yang dilakukan oleh pemerintah, harus menjunjung tinggi HAM dan sesuai dengan prosedur aturan hukum.

1. PAHAM Indonesia

2. PAHAM Aceh Tengah & Bener Meriah

3. PAHAM Aceh

4. PAHAM Sumatera Barat

5. PAHAM Sumatera Utara

6. PAHAM Riau

7. PAHAM Jambi

8. PAHAM Bengkulu

9. PAHAM Kepri

10. PAHAM Sumatera Selatan

11. PAHAM Lampung

12. PAHAM Jakarta

13. PAHAM Banten

14. PAHAM Jawa Barat

15. PAHAM Bekasi Raya

16. PAHAM Jawa Tengah

17. PAHAM Yogyakarta

18. PAHAM Surabaya

19. PAHAM Malang

20. PAHAM Jember

21. PAHAM Bali

22. PAHAM NTB

23. PAHAM Banjarmasin

24. PAHAM Kotabaru

25. PAHAM Sulawesi Selatan

26. PAHAM Bau-Bau

 

Bakamla - Australia Border Force Gelar Latma

Ambon. Harianasional.com-Kepala Zona Kamla Timur Laksma Bakamla Vetty V. Salakay, S.H., M.Si., laksanakan apel pelepasan KN Ular Laut 405 untuk mengikuti operasi bersama Gannet 19-1 di Pangkalan Kapal Ambon, Jl. Woltermonginsidi, No.1, Desa Halong, Teluk Baguala, Ambon, Kamis (23/5/2019).

Laksma Vetty mengatakan, pelepasan KN Ular Laut 405 dalam rangka meningkatkan hubungan kerja sama dua negara yang dilaksanakan melalui sharing data dan aksi bersama Bakamla dan Australia Border Force (ABF) di daerah operasi bersama di perbatasan Indonesia-Australia.

" Saya berharap operasi Gannet 19-1 pertama di tahun ini menjadi kinerja yang baik bagi kita dan Bakamla, kalian dipercayakan mewakili Bakamla dan Negara Indonesia jaga nama baik institusi dan negara. Laksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing dengan disiplin dan tanggung jawab," ujar Laksma Vetty.

Vetty menambahkan, pada saat operasi bersama semua harus siaga dan laksanakan koordinasi dengan Puskodal yang berada di Kantor Zona Kamla Timur dan Mabes Bakamla.

"Tetap semangat menjalankan tugas, jaga kesehatan dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar kita selamat dalam perjalanan maupun saat operasi bersama, semoga operasi bersama Gannet 19-1 ini sukses dan kembali dalam keadaan sehat," katanya.

KN Ular Laut 405 dikomandani oleh Letkol Bakamla Yoyok Triono dan sebagai Palaksa Letkol Bakamla Mukhlis.

Turut hadir dalam pelaksanaan apel pelepasan, Kepala Pangkalan Kapal Ambon Kolonel Bakamla Saekhul Anwar, Sip, Kabid Inhuker Zona Timur Kolonel Bakamla Julius M. Aponno,S.H., pejabat eselon IV Kantor Zona Timur dan seluruh ABK KN Kuda Laut 403 dan Ular Laut 405.(Humas/Irv).

 
 

Page 1 of 329

Donasi untuk PALESTINA

 

 

Kesehatan

3 Steps to Reach Your Body

3 Steps to Reach Your Body

Jakarta.Harianasional.com-WRP dan Shopee Indonesia hari ini membuka rahasia mudahnya wanita Indonesia...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

“Bersama Rayakan Kemenangan” Kampanye vivo untuk Hari Raya

Jakarta.Harianasional.com-Ramadan yang sedang berjalan dan hari raya yang akan segera menjelang identik...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

Perpustakaan Kota Bogor Terima Sumbangan Buku Untuk KOLECER

Perpustakaan Kota Bogor Terima Sumbangan Buku Untuk KOLECER

Bogor.Harianasional.com-Perpustakaan Kota Bogor hari ini (17/5/2019) menerima sumbangan buku untuk KOLECER...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

Kontrol Technology, Filosofi Hankook dalam Menghadirkan Ban Berkualitas

Jakarta.Harianasional.com-Ban adalah komponen penting dalam kendaraan yang berfungsi sebagai satu-satunya...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com