Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Blue Grey Red
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
nusantara

Pushidrosal Terima Tim Audit Kinerja Itjenal

Jakarta. Harianasional.com-Wakil Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Wakapushidrosal) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Trismadi mewakili Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. mengikuti Taklimat awal Audit Kinerja Itjenal TA.2020 melalui Video Conference (Vicon) di ruang Pusdalops Pushidrosal, Jalan Pantai Kutra V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. (2/6/2020).

Kapushidrosal dalam sambutannya yang dibacakan Wakapushidrosal, menyampaikan tentang dinamika program kerja Pushidrosal TA 2020 yang sudah terlaksana, sedang berjalan dan yang belum terlaksana.

Dilanjutkan pembacaan taklimat awal Audit Kinerja Irjenal  Laksamana Muda TNI Suselo yang dibacakan oleh Irbinitjenal Laksamana Pertama TNI F. Sugeng Riyanto, S.A.P., M.Tr.(Hanla) sebagai pengendali tim.

Irjenal dalam taklimat tersebut menyampaikan tujuan dari Audit Kinerja yang dilakukan di Pushidrosal adalah untuk menilai efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan program kerja dan anggaran yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan Pushidrosal. Guna memberikan keyakinan memadai bahwa tugas pokok satuan kerja tersebut sesuai prisip ketertiban, kepatuhan, efektif dan ekonomis (2K3E).

Pelaksanaan Audit Kinerja Itjenal TA 2020 akan dilaksanakan selama 2 minggu dimulai dari tanggal 2 Juni sampai dengan tanggal 17 Juni 2020. Hadir dalam kegiatan Vicon tersebut para Pejabat utama dan Kasatker Pushidrosal. (Humas/Irv).

 

Pushidrosal Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem, Gelombang Tinggi dan ROB di Perairan Pantai Samudra Hindia

Jakarta. Harianasional.com-Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) meminta masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem dan gelombang tinggi serta rob di perairan Pantai Samudera Hindia pada akhir Mei 2020.

Cuaca ekstrem dan gelombang tinggi tersebut  kemungkinan bisa terjadi lagi di pesisir pulau-pulau Indonesia yang berbatasan dengan Samudera Hindia.

Namun demikian, masyarakat diharap tenang dan tetap waspada terhadap kemungkinan dampak yang timbul terutama kepada mereka yang beraktivitas di sepanjang pantai, karena ini merupakan fenomena alam.

Demikian dikatakan Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H  di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Jumat (29/05/2020), menanggapi fenomena banjir di pesisir dan  gelombang tinggi yang terjadi di Bali dan Lombok siang kemarin,Kamis (28/5/2020).

Menurut Kapushidrosal, gelombang tinggi yang menghantam pantai selatan Bali dan Lombok dan puncaknya pada Kamis, 28 Mei 2020 merupakan fenomena alam yang sumbernya dari dua kejadian berbeda yang secara sekuen terjadi dalam waktu bersamaan, yaitu kejadian angin kencang akibat Topan Amphan di Samudera Hindia Timur Laut. Yang menimbulkan gelombang tinggi dan tinggi muka air laut di Bali dan Ampenan yang pada saat itu masuk ke periode Spring Tide dimana tunggang air besar (Benoa tercatat 1,5 m dan Lembar 1,2 m).

“Pada saat kejadian gelombang tinggi (28 Mei 2020), bertepatan dengan awal bulan atau kira-kira tanggal 1-5 kalender Hijriah. Kondisi muka laut pada periode ini dikenali dengan beda muka laut yang tinggi yang dikenal dengan Spring Tide. Tercatat beda muka laut pasang dan surut saat kejadian adalah 1,5 m di Benoa dan 1,2 m di Lembar,” ujar Kapushidrosal.

Ia menjelaskan bahwa penggunaan tide gauge dengan kebutuhan pengolahan data pasang surut per jam, tidak selalu dapat merekam kejadian gelombang tinggi yang durasi periode antara 3 sampai dengan 9 detik. Alat perekam yang cocok untuk gelombang adalah wave recorder.

Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional yang berkewajiban menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi untuk menjamin keselamatan pelayaran, senantiasa menggelar survey hidro-oseanografi di seluruh perairan Indonesia.

“Pushidrosal juga melaksanakan perekaman data gelombang, namun demikian hanya pada saat pelaksanaan survei hidro-oseanografi berlangsung, tidak seperti pasang surut yang diamati dalam periode panjang,”ungkas Kapushidrosal. (Humas/Irv).

 

Kapushidrosal Serah Terimakan Jabatan Disprodisi

Jakarta.Harianasional.com- Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Kapushidrosal), Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H memimpin langsung acara serah terima jabatan Kepala Dinas Produksi dan Distribusi (Kadisprodisi) di ruang kerja Kapushidrosal, Jl. Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara, Kamis (28/05).

Kegiatan Sertijab tersebut, berlangsung khidmat dan sederhana dengan melaksanakan protokol kesehatan yakni kebijakan yang telah ditetapkan Pemerintah maupun pimpinan TNI dengan melaksanakan Physical Distancing, menggunakan masker dan menjaga jarak gunanya agar terhindarnya penyebaran dan penularan Covid-19.

Serah Terima Jabatan di Lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan hal yang akan selalu terjadi sebagai salah satu bentuk pola pembinaan karier, sekaligus mengandung makna penting dan strategis ditinjau dari upaya TNI untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi.

Demikian merupakan petikan amanat Kapushidrosal dalam serah terima jabatan Kepala Dinas Disprodisi (Kadisprodisi) Pushidrosal dari Kolonel Laut (T) Henri Siswo Sulaksono, M.M, kepada Letkol Laut (T) Andi Fajar.

“Pada hakekatnya jabatan yang diemban merupakan amanah sekaligus penghargaan dari pimpinan TNI AL, atas dedikasi dan loyalitas serta kemampuan yang dimiliki pada bidangnya, dengan harapan untuk lebih berkontribusi kepada organisasi, untuk memantapkan manajemen organisasi dihadapkan pada dinamika lingkungan dan tantangan tugas dimasa mendatang yang semakin kompleks,” tambahnya.

Kapushidrosal juga berharap, dengan diserahterimakannya jabatan Kadisprodisi, Pushidrosal sebagai lembaga hidrografi dan oseanografi nasional akan lebih professional dan senantiasa memiliki kulaitas penampilan yang semakin baik, serta dapat menghasilkan produk dan informasi yang makin berkualitas dari waktu ke waktu pada dinamika hidrografi yang terus berkembang pada saat ini, sehingga diperlukan loyalitas disertai semangat kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas.

Kapushidrosal juga mengucapkan selamat bekerja dan bertugas kepada pejabat Kadisprodisi yang baru. Dapat segera menyesuaikan pada jabatan dan tugas pokok masing-masing. Koordinasi dan tingkatkan kerja sama antar satker, agar kedepan pushidrosal semakin solid. Kepada Pejabat lama Kapushidrosal mengucapkan terima kasih atas dedikasinya selama ini dan selamat bertugas di tempat yang baru.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Inspektur Pushdirosal, Kolonel Laut (P) Dr. Syahbudi dan beberapa pejabat teras PushidrosalJaka.(Humas/Irv).

 

 

 
 

Kapushidrosal Pimpin Apel Khusus Pasca Lebaran

Jakarta. Harianasional.com-Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro S.Sos, SH, MH memimpin Apel Khusus Pasca Lebaran Idul Fitri 1441 H serta Halal Bihalal kepada seluruh personel Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Pushidrosal di Lapangan Apel Mako Pushidrosal, Jl. Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara Selasa (26/5/2020).

Pada kesempatan ini Kapushidrosal menyampaikan “Bulan Ramadhan yang baru saja dilewati kemarin merupakan bulan penuh keberkahan, bulan penuh ampunan maka dari itu jagalah selalu kebersihan hati kita, saling memaafkan dan saling menghargai satu sama lain. Tidak mengedapankan emosi setiap ada masalah, dan bisa bermanfaat bagi orang lain.”

“Dalam menghadapi kondisi saat ini (Covid- 19) diharapkan kita dapat membantu pemerintah melaksanakan program social distancing / menjaga jarak satu sama lain, tetap dirumah saja, tidak berpergian keluar kota keluar kota kecuali perintah dari kedinasan. Karena saat ini kita sedang di uji oleh Allah SWT sampai dimana keimanan dan kesabaran hati kita untuk menghadapi wabah Covid- 19 ini. Oleh Karena itu diharapkan kita harus selalu menjaga kebersihan diri, menggunakan masker kemanapun pergi, serta menjaga pola hidup sederhana. Menghadapi masa pandemic ini dengan ketenangan tidak dengan kepanikan” tambahnya.

“Semoga wabah ini segera berakhir dan peraturan pemerintah tentang jaga jarak, pembatasan sosial berskala besar segera dicabut, sehingga kita dapat bersosialisasi kembali dengan lancar, dan negeri ini bisa kembali normal” ungkapnya.

“Sebaik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain di sekelilingnya” tutup dari Kapushdirosal.

Apel Khusus kali ini juga dihadiri oleh Wakapushidrosal Laksamana Pertama Dr. Ir. Trismadi, Komandan Satuan Survei, Staf Ahli Kapushidrosal serta para pejabat teras Pushidrosal.(Humas/Irv).

 

Tindak Lanjut Penilaian Reformasi Birokrasi, Pushidrosal Laksanakan Sosialisasi dan Pelatihan Penilaian Kinerja Individu

Dasar dari kegiatan kegiatan tersebut adalah Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor Kep/1941/IX/ 2017 tanggal 8 September 2017 tentang Buku Petunjuk Teknis  Penilaian Kinerja Individu di Lingkungan TNI Angkatan Laut.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Wakapushidrosal) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Trismadi mewakili Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 12 – 13 Mei 2020 diikuti 35 personel perwakilan dari 26 satuan kerja Pushidrosal. Yang terbagi menjadi 2 kelompok bertujuan untuk memberikan penilaian kinerja personel satuan kerja. Dalam mewujudkan penataan sumber daya manusia (SDM) sebagai peranan penting dalam mewujudkan tujuan organisasi.

Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Trismadi pada kesempatan itu mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mewujudkan tujuan organisasi dan perlu diimbangi dengan kemampuan yang dimiliki serta harus benar-benar teruji. Sehingga mampu mengerjakan semua pekerjaan yang dibebankan kepadanya secara benar dan menghasilkan hasil yang sempurna baik kuantitas dan kualitas.

Wakapushidrosal menjelaskan bahwa penilaian kerja individu merupakan sebagai salah satu aktivitas system manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur. Penataan sistem manajemen SDM aparatur bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme SDM aparatur pada masing-masing instansi pemerintah, yang didukung oleh sistem rekrutmen dan promosi aparatur berbasis kompetensi, transparan, serta memperoleh gaji dan bentuk jaminan kesejahteraan yang sepadan.

“Target pencapaian dari kegiatan ini adalah meningkatkan penataan pengelolaan SDM, meningkatkan transparansi  dan akuntabilitas pengelolaan SDM, menigkatkan kedisiplinan SDM, meningkatkan efektifitas manajemen SDM serta meningkatkan professional SDM,”tuturnya.

Wakapushidrosal menambahkan sifat penilaian yang dihasilkan bersifat dinamis artinya mengacu kepada perubahan pengembangan SDM itu sendiri. Diantaranya menilai dengan Obyektif  artinya sesuai dengan kondisi sebenarnya, Transparan  artinya terbuka dan inovatif. Sedangkan Akuntabel yaitu bertanggung jawab dan Ilmiah artinya menganalisa secara kuantitatif dan kualitatif.

“Penilaian kinerja individu ini, kita akan terus mendukung dan dilakukan setiap bulan pada minggu ke 4,”tutupnya.(Humas/Irv).

 
 

Page 1 of 367

Donasi untuk PALESTINA

 

 

Kesehatan

Warga Senior Living Sentul Sambut World Alzheimer's Month 2019 dengan Mengikuti Fun Walk

Warga Senior Living Sentul Sambut World Alzheimer's Month 2019 dengan Mengikuti Fun Walk

Setul.Harianasional.com-Dalam rangka memperingati bulan Alzheimer dunia, komunitas ALZI Chapter Bogor...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Tekno

Peluncuran Game Legend of Kingdoms – The Next Generation 5v5 MOBA

Peluncuran Game Legend of Kingdoms – The Next Generation 5v5 MOBA

Jakarta. Harianasional.com-Di penghujung bulan Maret ini, para pecinta game MOBA di tanah air kembali...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Pendidikan

Prof. Dr. H Sumaryoto : Lulusan Unindra Tidak Perlu Takut dengan Revolusi Industri 4.0

Prof. Dr. H Sumaryoto : Lulusan Unindra Tidak Perlu Takut dengan Revolusi Industri 4.0

Jakarta.Harianasional.com- Revolusi Indstri 4.0 saat ini sangat trend dan menjadi pembicaraan dimana-mana...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Otomotif

IIMS 2020 Menghadirkan Program Jual Beli Mobil Bekas

IIMS 2020 Menghadirkan Program Jual Beli Mobil Bekas

Jakarta. Harianasional.com-Mengingat IIMS 2020 berlangsung menjelang Lebaran 2020, program ini sangat...

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com